Tahun ini saya harus Lulus

Alhamdulillah...

Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at. [HR.Baihaqi]

Di hari jum'at ini saya masih diberi waktu oleh Allah untuk bertaubat, beribadah serta meminta pertolongan kepada-Nya. :D

Saya mempunyai sebuah keinginan bahwa tahun ini saya harus lulus. Tahun ini? 2016. Bukan tahun itu tapi yang ini 1437. Hijriah. I'm proud to be Muslim.

Nama-nama bulan di kalender Hijriah

Kenapa harus lulus? bukannya itu ngga ada hubungannya ya sama Akhirat. Emang si Allah ngga mengharuskan saya untuk lulus sekolah.

Tapi. Agama saya (Islam) menjadikan berbakti kepada kedua orang tua sebagai sebuah kewajiban yang sangat besar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika ditanya tentang amal-amal saleh yang paling tinggi dan mulia,

“Shalat tepat pada waktunya… berbuat baik kepada kedua Orang tua… jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Terus? Why?

Beliau Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam juga bersabda,

Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah. Jika engkau ingin maka sia-siakanlah pintu itu atau jagalah ia.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Kenapa saya ingin lulus?

Karena saya ingin berbuat baik kepada mereka berdua. Jikalau saya menyerah dengan perkara ini. Kelulusan. Maka besar kemungkinan mereka akan kecewa.

Kecewa menurut KBBI

Ketika mereka kecewa dengan apa yang saya lakukan. Itu berarti apa yang saya lakukan merupakan perbuatan yang tidak menyenangkan, tidak baik.

Amat sangat disayangkan kalau sampai saya melakukan hal seperti di atas. Di atas maksudnya menyerah dengan kelulusan.

Karena perkara kelulusan ini bisa jadi ladang amal saleh. Dengan syarat kelulusan dihitung sebagai berbuat baik kepada kedua Orang tua.

Dengan saya lulus Orang tua saya akan senang, senang karena tidak lagi harus menyediakan uang saku bulanan, semesteran dll. Juga senang karena anaknya jadi sarjana. 

Jika saya lulus, maka Orang tua senang. Orang tua senang karena saya lulus.

Jika saya berbuat baik, maka Orang tua senang. Orang tua senang karena saya berbuat baik.

Jadi saya lulus sama dengan saya berbuat baik.

Akhir kata inilah keputusan saya: "Saya harus lulus tahun ini." karena berdasarkan hasil analisis saya di atas yang besar sekali kemungkinan salahnya, meraih kelulusan merupakan salah satu dari amal-amal saleh yang paling tinggi dan mulia.

Saya harus berbuat baik kepada kedua Orang tua.

Saya harus berbuat baik kepada kedua Orang tua.

Saya harus berbuat baik kepada kedua Orang tua.
Dengan cara lulus dari kampus ini tahun ini. Titik.

Postingan terkait: